Senin, 25 April 2016
OTOMATISASI PERKANTORAN
MENGURAIKAN PENGOPERASIAN PEMBAYARAN SECARA ONLINE
1. Sistem pembayaran dalam transaksi online
a. metode pembayaran
cara yang paling umum adalah dengan membayar langsung dengan alat pembayaran yang sah(uang)secara tunai(cash).Cara lain adalah dengan menggunakan kartu kredit(credit card),kartu debit(debit card),cek pribadi(personal check),atau transfer antar rekening(kosiur,1997).
b. sistem pembayaran transaksi online dalam dunia maya
sistem pembayaran online yang populer,diantaranya adalah:
* Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain.
* Alertpay.Sistem pembayaran online alertpay menawarkan baik untuk individu dan perusahaan kemampuan untuk melakukan dan menerima pembayaran online,yang memungkinkan untuk mentransfer dana dengan cepat.
*Solid Trust Pay
Sistem pembayaran online solin trust pay menerima pendaftaran dari seluruh dunia.Berkantor Pusat di Canada.
Dalam transaksi elektronik ada beberapa media yang dapat digunakan dalam pembayaran,yakni:
1. Kartu Magnetik(Magnetic stripe Card)
kartu magnetik adalah kartu plastik kecil yang memiliki pita termagnetisasi dipermukaanya.Kartu ini digunakan secara luas untuk aplikasi-aplikasi seperti kartu debit,kartu kredit,kartu telepon,kartu ATM,kartu yang digunakan untuk melakukan transaksi-transaksi pembelian barang dan atau jasa dalam kaitanya dengan perdagangan elektronik.
2. Kartu kredit
Dalam transaksi kartu kredit,konsumen memberikan nomor kartu kreditnya ke penjual.Selanjutnya penjual dapat memferifikasi nomor itu ke bank penerbit dan kemudian dapat membuat slip pembelian bagi konsumen untuk disetujui.Penjual kemudian dapat menggunakan slip pembelanjaan itu untuk mendapatkan uang dari bank.Pada periode pembayaran berikutnya,konsumen akan menerima pernyataan dari bank yang mencatat transaksi yang bersangkutan.
3. Cek Elektronik
Saat ini ada dua sistem yang telah dikembangkan yakni oleh Financial Services Technology Coorporation(FTSC)dan Cyber Cash,yang memungkinkan konsumen menggunakan cek elektronik untuk membayar secara langsung kepada pedangan di web
4. Kartu Pintar(Smart Card)
Kartu pintar adalah kartu plastik kecil yang bentuk dan tampilanya mirip dengan kartu magnetik biasa,tetapi didalamnya mengandung suatu mikro procesor dan tempat penyimpanan(memori).Data-data yang tersimpan di kartu pintar relatif tahan terhadap kerusakan-kerusakan yang biasa terjadi pada kartu magnetik,seperti goresan,pemberian medan magnetik,dan sebagainya.Biasanya kartu pintar 100 kali lebih tahan dari kartu magnetik.
2. Cara Pembayaran Yang Aman Dalam Transaksi Elektronik
Contoh masing-masing kelemahan dalam sistem pembayaran online yang ada saat ini,sabagai berikut:
a. Kartu kredit
salah satu kelemahan yakni karu kredit dapat digunakan oleh orang yang namanya tidak tercantum dalam kartu.
b.Internet Banking(Pelayanan Jasa Bank Melalui Internet)
Electronic Banking diatur melalui peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 tahun 2007 tentang penerapan managemen risiko dalam penggunaan teknologi informasi oleh bank umum. kelemahan dari internet banking adalah memungkinkan pelaku kejahatan mengintersepsi transaksi penggunaan internet banking.
c. Electronic Cash
Digital Cash pada dasarnya adalah penempatan uang dalam sebuah elektronik account berbentuk susunan bit atau karakter (string) dalam beberapa digit yang kemudian dapat digunakan sbagaimana kita memiliki sebuah "voucher" atau "kupon" atau "token". dari sisi pembayarannya,digital cash mungkin dianggap lebih aman karena risiko transaksi pada sebatas nominal "kupon" yang kita punya. Prinsip tanggung jawab (produc liability) dalam UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen berlaku juga dalam sebuah transaksi jual beli online.
3. Reservasi Online
Kalian dapat melakukan reservasi penerbangan melalui call center 24 jam, kantor ticketing di kota kalian, traveel agent terdekat atau melalui eservasi online di www.merpati.co.id.
4. Tata cara pembayaran online di bank
Pembayaran melaui bank Mandiri di seluruh Indonesia dapat dilakukan dengan salah satu cara sebagai berikut :
a. Melalui teler bank Mandiri
- Datang ke cabang Bank Mandiri terdekat
- Mengisi formulir setor tunai atau transfer atau mulipiment (warna biru) dengan mencantumkasn nomor pendaftaran di kolom berita pada slip setoran.
- Selanjutnya masukkan jumlah pembayaran sesuai dengan jenis transaksi pembayaran pada kolom nominal setoran
- Bayar ke petugas teler bank Mandiri data pembayaran secara otomatis tersimpan di database UB,
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar